Serunya Lomba Hias Tumpeng di Kecamatan Kraksaan Probolinggo

Kepala Desa Asembagus, Ali Ibang Fansuri dan istri, Siti Barokah Fansuri, menerima penghargaan Juara I Lomba Tumpeng.(blok-a.com/rid)
Kepala Desa Asembagus, Ali Ibang Fansuri dan istri, Siti Barokah Fansuri, menerima penghargaan Juara I Lomba Tumpeng.(blok-a.com/rid)

Probolinggo, blok-a.com – Meriah, dan heboh. Bukan ibu-ibu atau emak-emak kalau tidak demikian. Lomba hias tumpeng HUT Kemerdekaan ke-78 yang digelar Pemerintah Kecamatan Kraksaan pun disudahi usai terpilihnya para juara.

Adapun para juara itu sebagai berikut, juara I diraih TP PKK Desa Asembagus, juara II dimenangkan oleh tim PKH, dan juara III dimenangkan oleh Desa Patoan, Kecamatan Kraksaan.

Kejuaraan lomba hias tumpeng ini merupakan rangkaian dari berbagai lomba pitulasan (HUT Kemerdekaan RI) yang digelar di Kecamatan Kraksaan, Rabu (16/8/2023).

Di lomba ini, menjaring 18 tumpeng yang telah dihias yang berasal dari 13 desa dan 5 kelurahan se Kecamatan Kraksaan.

Dari sekian tumpeng hias itu, uniknya memiliki makna dan tema tersendiri.

Tumpeng yang juara I ini misalnya. Tumpeng dari Desa Asembagus ini menggunakan bahan-bahan alami seperti kacang panjang, aneka jenis sayuran, dan bumbu – bumbu tradisional.

Menurut Siti Barokah Fansuri, Ketua TP PKK Desa Asembagus, tema tumpeng adalah sejarah perjuangan bangsa.

Maknanya, seluruh jiwa raga bangsa gigih merebut kemerdekaan. Dan kini kewajiban anak bangsa untuk mempertahankannya.

“Alhamdulillah, kami bisa menjuarai lomba ini. Semoga kian mempererat persatuan bangsa,” ujarnya.

Sementara itu, Puja Kurniawan, Camat Kraksaan mengaku kagum karena kemeriahan dan keseruan lomba ini.

Meski sederhana lomba ini seru dan bermakna. Ada teriakan, ada yel yel dan ada semangat gotong royong.

Dia mengucap terima kasih kepada semua peserta dan undangan yang hadir di acara ini.

“Ini super heboh. Kehadiran panjenengan semua di sini di Pendapa Kecamatan Kraksaan ini karena rasa cinta panjenengan semua kepada bangsa ini. Energi positif inilah yang akan memberikan kebaikan dan kesejahteraan masyarakat Kecamatan Kraksaan. Tumpeng ini hanya sarana tapi panjenengan semua memperkuat silaturahim rakyat dengan pemerintah desa, kelurahan, kecamatan, dan antar sesama,” tegasnya.

Setelah melalui proses penjurian yang ketat, lomba kreasi hias tumpeng HUT RI yang ke-78 ini berhasil memilih para pemenang.

Juara I diraih TP PKK Desa Asembagus, juara II oleh Tim PKH Kraksaan, dan juara III oleh Tim Desa Patokan, Kecamatan Kraksaan.(rid/lio)