Jangan Anggap Remeh Nyeri Pinggang dan Saraf Kejepit

Jangan Anggap Remeh Nyeri Pinggang dan Saraf Kejepit
Ilustrasi: gejala penyakit pinggang & saraf terjepit (sumber: orthoedge.com)

Tulang punggung atau juga dikenal sebagai tulang belakang, terdiri dari 33 tulang individu yang bertumpuk. Rangkaian tulang-tulang ini menopang tubuh dan memungkinkan kita untuk berdiri tegak.

Selain itu, tulang punggung berfungsi sebagai pelindung tulang belakang dan cairan di sekitarnya. Ini juga menjadi penghubung berbagai bagian sistem muskuloskeletal yang penting bagi pergerakan tubuh.

Begitu pentingnya fungsi tulang punggung, gangguan sedikit saja akan memberi perbedaan signifikan pada anatomi tubuh kita. 

Gangguan Umum pada Tulang Belakang

Saraf Terjepit

Masalah umum pada tulang belakang, salah satunya herniated lumbar disc. Herniated disc atau istilah medisnya Hernia Nukleus Pulposus (HNP), merupakan kondisi di mana salah satu cakram tulang belakang bergeser dan menjepit saraf.

Masyarakat lebih mengenal gangguan ini dengan sebutan saraf kejepit. Kondisi ini kerap timbul pada pinggang. Gejalanya antara lain kesemutan, nyeri, linu, hingga mati rasa dan hilangnya kekuatan pada area yang terkena.

Penyebab Saraf Kejepit

Dikutip dari Healthline, pergeseran cakram tulang belakang biasanya terjadi ketika cincin luarnya melemah atau robek, sehingga bagian dalamnya terlepas. Pergeseran tersebut memberikan tekanan lebih pada saraf dan menjadikannya terjepit. 

Beberapa kondisi yang berisiko menyebabkan saraf kejepit, seperti:

  • Kecelakaan yang mengakibatkan cidera.
  • Obesitas atau kelebihan berat badan.
  • Mengangkat barang yang terlalu berat, sehingga tulang belakang bekerja ekstra keras.
  • Aktivitas fisik yang padat tanpa diawali dengan pemanasan atau olahraga rutin.
  • Posisi duduk dan tidur yang tidak benar, serta berlangsung dalam kurun waktu lama.
  • Melemahnya kondisi tulang karena proses penuaan.

Pada umumnya penyakit ini dapat sembuh dengan sendirinya. Namun tak sedikit kasus yang berakibat kronis, seperti kelumpuhan, sehingga membutuhkan penanganan medis intensif.

Nyeri Pinggang

Selain saraf kejepit, nyeri pinggang juga merupakan gangguan paling umum pada tulang belakang. Beberapa gejalanya yang paling sering, termasuk rasa sakit dan ketegangan pada punggung, otot, persendian, samapi kesulitan bergerak atau berdiri. 

Nyeri pinggang juga bisa disertai dengan sakit kepala, mati rasa, dan kesemutan. Selain itu, tergantung pada penyebab sakit punggung, penderita mungkin mengalami gejala lain, seperti kesulitan buang air kecil, demam, dan mudah lelah.

Penyebab Nyeri Pinggang

Nyeri pada pinggang bisa disebabkan oleh saraf terjepit. Oleh karena itu, kedua gejala ini memiliki faktor-faktor penyebab yang sama. Mulai dari cedera fisik hingga pilihan gaya hidup

Salah satu penyebab paling umum adalah postur tubuh yang kurang proporsional, sehingga menyebabkan ketegangan otot, dan skoliosis atau ketidaksejajaran tulang belakang. 

Selain bawaan genetik, postur tubuh yang buruk dapat diakibatkan oleh kurangnya olahraga, terlalu lama duduk, salah posisi tidur, dan sering mengangkat beban terlalu berat. 

Jangan Anggap Remeh Nyeri Pinggang dan Saraf Kejepit
Dr. Qyu Lumbar Traction Premium

Mengatasi Gangguan pada Pinggang dan Tulang Belakang

Perawatan untuk gangguan pinggang dan tulang belakang, termasuk penggunaan obat anti-inflamasi nonsteroid, suntikan steroid epidural, kompres panas atau dingin, istirahat di tempat tidur, dan terapi fisik. 

Beberapa latihan yang dapat membantu meringankan nyeri pinggang, antara lain berbaring terlentang dengan kedua lutut ditekuk. Lalu menggerakkannya hingga di atas dada, dengan memiringkan panggul. 

Selain itu, bisa juga dengan menggunakan alat terapi sakit pinggang dan saraf terjepit, seperti Dr. Qyu Lumbar Traction Device.

Teknologinya dapat membantu mengatasi keluhan saraf terjepit sampai ke akar-akarnya. Alat ini memiliki fungsi pijat, dengan kekuatan 3.000rpm yang dipadukan dengan teknologi pemanas bertenaga listrik. Dapat membantu memperlancar aliran darah, relaksasi otot, hingga mengurangi rasa nyeri pada pinggang.

Bentuknya ringkas dan portabel, siapa saja dapat menggunakannya dengan mudah. Apalagi dengan desain bantalan yang dibuat sedemikian rupa agar terasa nyaman di pinggang. Plus pengatur ketinggian untuk menyesuaikan dengan anatomi pemakainya. 

Fitur Medical Magnet dan NMES (Neuromuscular Electrical Stimulation) menambah kemampuannya untuk meningkatkan sirkulasi darah dan mempercepat penyembuhan sakit pinggang. Juga mengembalikan posisi saraf yang terjepit, sehingga kekuatan otot dapat bekerja kembali secara optimal.

Saatnya Ambil Tindakan

Sebaiknya jangan tunggu lebih lama lagi, sampai terlambat dan menyesal karena nyeri pinggang makin parah. Buat keputusan sekarang juga! Kunjungi laman resmi Dr.Qyu Lumbar Premium untuk info lebih lanjut. Atau jika ingin segera sembuh, segera dapatkan Dr. Qyu Lumbar Premium, bisa lewat Shopee atau Tokopedia.