Bupati Probolinggo Dongkrak Skill Aparatur Desa dan Kelurahan

Bimtek aparatur desa dan kelurahan se kecamatan Kraksaan, Probolinggo, Rabu (20/9/2023).
Bimtek aparatur desa dan kelurahan se kecamatan Kraksaan, Probolinggo, Rabu (20/9/2023).

Probolinggo, blok-a.com – Bupati Probolinggo HA Timbul Prihanjoko menggembleng skill aparatur desa dan kelurahan se-Kecamatan Kraksaan.

Kegiatan dikemas bimbingan teknis (Bimtek) yang difasilitasi Badan Koordinasi Antar Desa (BKAD) Kecamatan Kraksaan pada Rabu (20/9/2023) di ruang pertemuan Tengger Kantor Bupati Probolinggo.

Kali ini seluruh kepala desa, lurah, perangkat desa dan staf kelurahan di Kecamatan Kraksaan mengikuti Bimtek.

Selama kegiatan peserta diberi materi dari narasumber dari Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Fathur Rozi, Inspektorat, Polres dan Kejari Probolinggo.

Ketua Panitia, Supriyanto, mengatakan tujuan Bimtek untuk meningkatkan profesionalisme dan kompetensi aparatur desa dan kelurahan khususnya dalam pembangunan dan pengelolaan keuangan desa.

“Selain itu meningkatkan prestasi kerja dalam hal pembangunan, pelayanan publik berbasis IT, partisipasi publik dan pemberdayaan masyarakat,” ujarnya.

Sementara Bupati Probolinggo HA Timbul Prihanjoko mengatakan Bimtek ini digelar untuk meningkatkan kapasitas aparatur pemerintah desa dan kelurahan di Kecamatan Kraksaan.

“Kegiatan ini bisa jadi sarana merefresh kembali agar pikiran-pikiran kita bisa terbuka. Misalnya ada hal-hal baru atau regulasi yang baru sehingga Bimtek ini bisa menjadi wadah untuk merefresh semangat,” ujarnya.

Sehingga kegiatan ini menemukan kesamaan persepsi dan cara pandang dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat.

Menurut Bupati Timbul, pemerintah desa merupakan ujung tombak menerjemahkan visi dan misi Pemkab Probolinggo.

“Saudara nantinya akan merekam dan melihat yang detail di Kabupaten Probolinggo. Oleh karena itu, sangat penting bagi Camat dan Dinas PMD untuk memberikan materi tentang peningkatan kapasitas aparatur desa dan kelurahan,” jelasnya.

Bupati Timbul menegaskan bahwa pemerintah desa harus peka terhadap aspirasi masyarakat.

Seiring perkembangan teknologi, tentunya akan menambah motivasi semangat dalam membangun desa demi kesejahteraan masyarakat.

“Saudara punya tanggung jawab dalam menyukseskan pembangunan di Kabupaten Probolinggo. Semoga kegiatan ini memberikan manfaat sehingga ke depan ada perubahan dan semangat untuk membangun desa dan kelurahan menjadi lebih baik,” pungkasnya. (wan/kim)