Gapensi Kabupaten Probolinggo Amini Sekdakab Jabat Pj Bupati

Ketua BPC Gapensi Kabupaten Probolinggo dan Penasehat, saat diwawancarai blok-a.com.(blok-a.com/rid)
Ketua BPC Gapensi Kabupaten Probolinggo dan Penasehat, saat diwawancarai blok-a.com.(blok-a.com/rid)

Probolinggo, blok-a.com- Giliran Badan Pimpinan Cabang (BPC) Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia (Gapensi) Kabupaten Probolinggo, angkat bicara terkait wacana Pj Bupati Probolinggo seusai berakhirnya, masa jabatan Plt. Timbul Prihanjoko, September 2023.

Ketua BPC Gapensi kabupaten Probolinggo, Dwi Agus Hariyanto, ditemui blok-a.com, Selasa (1/8/2023), mengatakan pemimpin Kabupaten Probolinggo, adalah yang memahami sosio kultur dan geopolitik Kabupaten Probolinggo sendiri.

Menurutnya, seandainya jabatan Pj Bupati Probolinggo diambilkan dari luar daerah justru akan kontraproduktif dengan situasi daerah.

Dia mengamini jika sosok nama tokoh yang disebut-sebut santer yakni Ugas Irwanto, diusulkan daerah menjadi usulan Gubernur untuk ditetapkan Presiden.m sebagai Pj Bupati Probolinggo.

“Karena apa, beliau memang sudah jelas asli putra daerah. Beliau paham daerah dan memahami masyarakat Kabupaten Probolinggo. Dari situ hubungan, keharmonisan, dan hubungan institusional antara sesama warga masyarakat akan tercipta,” ujarnya, didampingi penasehat BPC Gapensi, Hajjah Indri Astiti.

Ketiga, Pj Bupati sesuai regulasi adalah dijabat ASN dari pejabat tinggi madya, dan Sekdakab memenuhi syarat apalagi sinergi dengan semua pihak akan baik.

“Mengingat situasi dan kondisi kabupaten Probolinggo, aman dan kondusif, kita mengusulkan Ugas Irwa to, menjadi Pj Bupati Kabupaten Probolinggo. Karena beliau ini sudah cukup lama di birokrasi, memahami situasi dan kondisi internal birokrasi,” imbuhnya.

Sementara itu, Indri Astiti penasehat BPC Gapensi Kabupaten Probolinggo, secara pibadi setuju usulan Ketua BPC Gapensi.

“Pak Sekdakab Ugas itu cocok, sangat merakyat dan bisa mengakomodir dari semua kalangan terutama pengusaha jasa konstruksi. Harapannya ke depan iklim dunia usaha menjadi tuan di rumahnya sendiri,” pungkasnya.(rid/lio)